Penemu Yahoo

0
12:59 PM


Yahoo! Inc didirikan oleh dua alumni Universitas Stanford, Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968, adalah seorang pengusaha Taiwan-Amerika berdarah) dan David Filo (lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, 20 April 1966).
Mulai tahun 2012, Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak tahun 1995 Dia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi. Hal ini dilakukan hanya dua minggu setelah Yahoo memilih CEO baru, Scott Thompson. Dia memiliki saham 3,69 persen di Yahoo, sementara David Filo dan co-pendiri Yahoo memiliki 6 persen. Jumlah tersebut berdasarkan data dari bulan April sampai Mei 2011.
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (halaman manual), sebuah ide yang dimulai pada bulan April 1994, ketika dua alumni Stanford University (Jerry Chih-Yuan Yang dan David Filo) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota untuk panjang cuti.
Dua mahasiswa teknik memiliki sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi daftar besar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk meletakkannya di web, dan mulai bekerja untuk membuat program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Awalnya bookmark yang dibuat pada tahun 1994 bernama "Jerry dan David Guide to the World Wide Web", akhirnyaberganti ke yahoo! yang merupakan kependekan dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle". Filo dan Yang memilih kata itu karena mereka menyukai definisi umum dari kata, yang berasal dari Gulliver Travels oleh Jonathan Swift: "-kuat- kasar, -sederhana- canggih, dan kasar -kasar-)


Pada tanggal 18 Januari 1995 yang dibuat domain yahoo.com. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh mereka dari website ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Seperti kebanyakan mesin pencari di web, Yahoo juga diversifikasi ke portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami pertumbuhan pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka kepada pengguna internet untuk singgah lagi di portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan lain yang dapat memberikan layanan yang mereka inginkan.
Yahoo! Inc (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal web, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta online, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosial. Yahoo! adalah salah satu situs terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs Yahoo setiap bulan. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulan ke website-nya yang memiliki 30 bahasa."
Yahoo! Inc didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995 Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden efektif 17 Juli!, Yahoo. Yahoo telah mengangkat CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.
Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan CEO baru yang sebelumnya salah satu pemimpin dari saingan mereka, Google, Marissa Mayer.

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments: