Penemu Friendster

0
12:28 PM

Jonathan Abrams adalah pendiri situs jejaring sosial perintis yang disebut Friendster Friendster pada tahun 2002 telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern saat itu. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkannya, tak kurang dari 50 juta orang di dunia telah menjadi anggota situs jejaring sosial. Meskipun saat ini tidak lagi sepopuler Friendster terakhir karena persaingan dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, namun Friendster masih tercatat sebagai pelopor pengembangan jejaring sosial.

Biografi Jonathan Abrams dari Biografi Web



Situs jejaring sosial yang dirintis Abrams di Mountain View, California, Amerika Serikat. Kehadiran Friendster sempat menjadi fenomena mengejutkan. Tanpa gembar-gembor promosi, kehadirannya segera menerima sambutan hangat dari para pecinta dunia maya. Dalam sekejap, jutaan telah melebar anggotanya.
Tak hanya itu, Friendster juga telah menerima dana sekitar $ 14 juta dari kelas berat modal ventura dan internet pemain, seperti mantan CEO Yahoo Tim Koogle; mantan CEO PayPal, Peter Thiel; dan mantan wakil presiden amazon.com, Ram Shriram.
Hampir dua tahun Friendster merajalela sebagai situs jejaring sosial terbesar. Namun, menurut Nielsen Online, pada tahun 2004 situs serupa, MySpace, Friendster berhasil menyalip dominasi jumlah anggota. Friendster sekarang harus bersaing dengan sejumlah situs yang menawarkan fasilitas serupa, seperti Windows Lives Spaces, Yahoo! 360 dan ke atas.
Friendster juga telah dilirik kebesaran Google, yang mengajukan tawaran 30 juta dolar. Penawaran Namu Google kemudian dibatalkan. Pada tahun 2003, Friendster juga menerima dana dari Kleiner, Perkins, Caufield & Byers dan Benchmark Capital dan nilainya diperkirakan mencapai $ 53.000.000.
Untuk Abrams, Friendster adalah wahana bisnis yang menguntungkan. Karena Friendster juga dapat menarik biaya untuk fasilitas khusus yang ditawarkannya. Pernah mendengar dari Friendster akan mengutip biaya untuk layanan khusus sebesar 9,95 dolar per bulan, meskipun kemudian gagal. Coba bayangkan jika 10% dari 50 juta anggota menjadi anggota tertentu, maka Friendster bisa mengantongi ratusan juta dolar per bulan.
Setelah dua tahun memimpin dan membesarkan Freindster, pada bulan April 2004 Abrams mundur dari CEO Friendster Inc Koogle digantikan di tim yang juga Presiden dan CEOYahoo!.
Friendster Majalah Time dianugerahi gelar "Coolest Penemuan 2003". Pada tahun yang sama, Abrams bernama "Breakout Star of 2003" oleh Entertainment Weekly. Setahun kemudian, Advertising Age Magazine mendapuknya sebagai "Entertainment Pemasar of the Year 2004".

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments: